thumb

Mana yang Lebih Baik, Laminasi Glossy dan Laminasi Doff?

Apa itu Laminasi?

Laminasi adalah proses atau teknik pelapisan kertas untuk menghasilkan cetakan yang tahan lama dan berkualitas tinggi. Ada dua bahan yang digunakan dalam pelapisan kertas, yaitu glossy dan doff. Kedua lamina ini memiliki sifat yang berbeda. Mana yang lebih baik antara laminasi glossy dan laminasi doff? 

Penasaran? Yuk, cari tahu jawabannya melalui penjelasan dibawah ini!

1 1.  Laminasi Glossy

Laminasi glossy memiliki permukaan yang halus dan mengkilat, sehingga dapat memantulkan banyak cahaya sehingga memberikan kesan lebih cerah dan mewah. Umumnya laminasi glossy digunakan untuk finishing brosur, stiker, kartu nama, undangan, cover buku, dll. Meski menawarkan banyak keuntungan, cetakan dengan permukaan laminasi glossy tidak boleh dipegang sesering mungkin, karena sidik jari mudah menempel di permukaan dan meninggalkan bekas. 

1 2.Laminasi Doff

Berbeda dengan laminasi glossy, laminasi doff memiliki hasil akhir tidak mengkilap. Penggunaan laminasi doff sangat cocok digunakan pada pencahayaan langsung karena menyerap cahaya sehingga hasil cetakan lebih mudah dibaca dari sudut manapun dan tanpa silau. Selain itu, laminasi ini berguna saat sidik jari dan kotoran menempel diatasnya sehingga bagus untuk tetap menjaga kualitas. 

Dari segi kualitas, laminasi glossy dan laminasi matte sama-sama bagus. Namun harus disesuaikan dengan kebutuhan hasil akhir yang diinginkan. Jika Anda menginginkan hasil cetak yang terlihat elegan dan menarik perhatian, Anda bisa menggunakan laminasi glossy. Untuk meninggalkan kesan klasik dan menghindari bekas sidik jari dan kotoran, sebaiknya gunakan laminasi doff sebagai finishing.